konsep pengembangan kurikulum

Pengembangan kurikulum adalah istilah yang komprehensif, didalamnya mencakup : perencanaan, penerapan dan evaluasi. Perencanaan kurikulum adalah langkah awal membangun kurikulum ketika pekerja kurikulum membuatkeputusan dan mengambil tindakan untuk menghasilkan perencanaan yang akandigunakan oleh guru dan peserta didik.
Implementasi kurikulum berusaha mentransfer perencanaan kurikulum kedalam tindakan operasional. Evaluasi kurikulum merupakan tahap akhir dari pengembangan kurikulum untuk menentukan seberapa besar hasil-hasil pembelajaran, tingkat ketercapaian program-program yang telah direncanakan dan hasil-hasil kurikulum itu sendiri.
Dalam pengembangan kurikulum, tidak hanya melibatkan orang yang terkait langsung dengan dunia pendidikan saja, namun di dalamnya melibatkan banyak orang, seperti : politikus, pengusaha, orang tua peserta didik, serta unsur-unsur masyarakat lainnya yang merasa berkepentingan dengan pendidikan. Keragaman sosial, budaya, aspirasi politik, dan kemampuan ekonomi adalah suatu realita masyarakat dan bangsa Indonesia. Realita tersebut memang berposisi sebagai objek periferal dalam proses pengembangan kurikulum nasional. Posisi sebagai objek ini tidak menguntungkan karena ia sering kali diabaikan oleh para otoritas pengembang kurikulum. Sayangnya, kedudukannya yang menjadi objek berubah menjadi subjek dan penentu dalam implementasi kurikulum tetapi tetap tidak dijadikan landasan ketika guru mengembangkan kurikulum. Padahal, keragaman itu berpengaruh langsung terhadap kemampuan guru dalam melaksanakan kurikulum, kemampuan sekolah dalam menyediakan pengalaman belajar, dan kemampuan siswa dalam berproses dalam belajar serta mengolah informasi menjadi sesuatu yang dapat diterjemahkan sebagai hasil belajar. Artinya, keragaman itu menjadi suatu variabel bebas yang memilikikontribusi sangat signifikan terhadap keberhasilan kurikulum baik sebagai proses (curriculum as observed, curriculum as experienced, curriculum as implemented,curriculum as reality) tetapi juga kurikulum sebagai hasil.

Istilah :
Proses pengembangan kurikulum ; desain, implementasi, evaluasi, dan penyempurnaan kurikulum
Alasan :
1. Merespon IPTEK
2. Merespon perubahan sosial
3. Memenuhi kebutuhan peserta didik
4. Merespon kemajuan di bidang pendidikan
5. Merespon perubahan sistem pendidikan
Kaitan Pengembangan, Perencanaan, dan Implementasi Kurikulum (Intruksional)

Tujuan Desain Kurikulum Impementasi (Intruksional)
Pengembangan Kurikulum
Perencanaan Kurikulum

Implumentasi
Kurikulum
Masalah Dalam Pengembangan Kurikulum :
1. Cara memilih materi yang akan diajarkan
2. Perbedaan pandangan para pengembang
3. Penerapan kurikulum pada setiap tingkat Penerapan kurikulum pada setiap tingkat
pendidikan
4. Perumusan kurikulum yang fleksibel
5. Pengaruh pergantian pimpinan
6. Insentif untuk penerapan kurikulum
7. Cara memperoleh informasi yang tepat untuk perumusan kurikulum
8. Pemanfaatan sumber daya untuk perbaikan
Proses Perkembangan Kurikulum Melibatkan :
• Guru
• Ahli Kurikulum
• Ahli Pendidikan
• Ahli lain di luar Bidang Pendidikan
• Lulusan
• Siswa
• Pengguna Lulusan

Unsur-unsur yang terdapat dalam Kurikulkum
Sebagai program yang akan dijalani siswa di sekolah :
• Tujuan
• Materi Pembelajaran
• Strategi Pembelajaran
• Sistem Evaluasi
• Hal-hal yang diaktualisasikan di sekolah
Sebagai dokumen, kurikulum terdiri dari :
• Proses pembuatan rencana kurikulum
• GBPP/Silabus
• Perangkat dan buku-buku yang diperlukan dalam proses pembelajaran
Identifikasi Masalah :
Permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan di indonesia tentunya akan memberi dampak yang cukup besar terhadap perkembangan pendidikan di bangsa ini, pengimplementasian setiap kurikulum baru tentunya diasaskan pada kebaikan dan kebenaran yang pantas dan layak bagi bangsa ini. Berdasarkan latar belakang didapatkan beberapa masalah yang muncul dalam perkembangan kurikulum di indonesia diantaranya sebagai berikut :

1.Kurikulum mencerminkan falsafah hidup bangsa, ke arah mana dan bagaimana bentuk kehidupan itu kelak akan ditentukan oleh kurikulum yang digunakan oleh bangsa tersebut. Permasalahannya adalah apakah setiap kurikulum di Indonesia merupakan cerminan dari falsafah hidup bangsa dan tujuan yang diharapkan oleh negara.

2. Setiap kurikulum yang telah berlaku di Indonesia dari periode sebelum tahun 1945 hingga kurikulum tahun 2006, memiliki beberapa perbedaan sistem. Permasalahannya apakah setiap perbedaan sistem tersebut dilengkapi oleh kurikulum yang diterapkan berikutnya atau merupakan perombakan ulang.

3. Kurikulum merupakan alat (kurikulum yang di implementasikan) untuk mencapai tujuan pendidikan, sekaligus sebagai pedoman dalam pelaksanaan pendidikan. Permasalahannya apakah alat yang digunakan untuk mencapai tujuan dan pedoman ini sesuai dengan kebutuhan saat ini.

4. Disadari bahwa pada saat ini, bangsa ini memerlukan langkah perbaikan pendidikan dasar dan menengah yang tidak boleh keliru guna menghadapi peluang

5. Dalam perjalanan sejarah sejak tahun 1945, kurikulum pendidikan nasional telah mengalami perubahan, yaitu pada tahun 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984,1994, 1999, 2004 dan 2006. Permasalahannya adalah setiap perubahan kurikulumtersebut memiliki kekurangan dan kelebihan yang perlu dikaji sehingga ditemukanada kurikulum yang tepat dan tidak perlu dilakukan perubahan.

Batasan Masalah :
Implementasi kurikulum di indonesia dari setiap perubahan tidak kita ketahui ketepatan dan keefektifannya dalam merubah karakter pedidikan bangsa yang sesuai dengan falsafah bangsa untuk kemajuan pendidikan di indonesia. Pembahasan permasalahan terhadap implementasi kurikulum akan dibatasi pada kajian tentang kekurangan dan kelebihan kurikulum tahun 1964 sampai dengan tahun 2013 sehingga ditemukan ada kurikulum yang tepat dan tidak perlu dilakukan perubahan. Pembatasan kajian masalah ini dilakukan untuk menghindari tidak fokusnya pembahasan masalah sehingga pokok tujuan yang diharapkan tidak tercapai.

Daftar pustaka

*catatan pribadi

No Comments

  1. Brendanpoopy
    Apr 16, 2019 @ 13:42:02

    Your comment is awaiting moderation.

    You have made your stand very well..
    http://viagrapego.com/
    daili viagra free enewsletter
    buy viagra online
    viagra email malware
    viagra online

    Reply

  2. Brendanpoopy
    Apr 16, 2019 @ 19:06:19

    Your comment is awaiting moderation.

    You actually stated it adequately.
    http://viagrawithoutadoctormsn.com/
    cialis vs viagra number of erections generic viagra online matt lauer as the amazons viagra generic viagra
    the effect of viagra
    levitra buy levitra online viagra
    viagra pil
    generic viagra sold in chinatown nyc
    viagra free sites results
    lady viagra under arm

    Reply

  3. Brendanpoopy
    Apr 16, 2019 @ 20:33:19

    Reply

  4. Brendanpoopy
    Apr 16, 2019 @ 21:41:47

    Reply

  5. Brendanpoopy
    Apr 17, 2019 @ 02:25:41

    Reply

  6. Brendanpoopy
    Apr 17, 2019 @ 03:06:17

    Reply

  7. Kennethfam
    Apr 17, 2019 @ 03:28:25

    Your comment is awaiting moderation.

    Regards. Great information!
    http://viagrawithoutadoctorsntx.com/
    weaknesses of viagra generic viagra online home made viagra buy generic viagra
    cost comparsion viagra levitra
    buy sublingual viagra online