Teori Pendidikan

 

TEORI PENDIDIKAN

            Teori Pendidikan adalah aspek universal yang selalu harus ada dalam kehidupan manusia. Tanpa pendidikan, ia tidak akan pernah berkembang dan berbudaya disamping itu, kehidupan juga akan menjadi statis tanpa ada kemajuan, bahkan bisa jadi akan mengalami kemunduran dan kepunahan. Oleh karena itu, menjadi fakta yang tak berbantahkan bahwa pendidikan adalah sesuatau yang niscaya dalam kehidupan manusia. 
            Adanya pendidikan sangat penting bagi kehidupan manusia. Bahkan bisa dikatakan tanpa pendidikan, maka tidak akan asa yang namanya manusia sebab, pendidikan adalah yang membentuk peradapan, dan tanpa peradapan manusia punah. 
            Seiring berjalannya waktu dan dengan semakain pesatnya tingkat intelektual dan kualitas kehidupan, dimensi pendidikan pun menjadi semakin kompleks, dan tentu saja hal itu membutuhkan sebuah desain pendidikan yang juga tepat dan sesuai dengan kondisinya. Oleh karena itu berbagai teori,metode, dan desain pendidikan pun dibuat dan diciptakan untuk mengapresiasi semakin beragam tingkat kebutuhan dan kerumitan permasalahan pendidikan.
            Jika ditinjau dari sejarah, teori-teori dan desain tersebut muncul karena adanya teori yang sudah ada sebelumnya, yang posisinya adalah memperbaiki, merevisi, atau malah menciptakan teori baru. Teoridan desan dalam pendidikan muncul setelah terdapatnya berbagai permasalahan yang terjadi didalam pendidikan itu sendiri. Suatu teori akan muncul apabila terjadi suatu kekurangan yangterdapat didalam dunia pendidikan. 
            Dalam perkembangan teori dan desain pendidikan inilah, berdampak pada suatu sistem yang akan diterapkan dalam suatu penerapan pendidikan yang disepakati pada waktu itu yaitu kurikulum, suatu teori memberikan pandangan-pandangan pada pendidikan, sehingga muncul inovasi dan kreativitas teoretikus untuk melahirkan teori-teori yang lebih kontekstual, yang akan merangsang pula tercipatanya suatu desain pendidikan yang baru yang akan menerapkan teori-teori tersebut dalam suatu sistem.

 

 

 

 

 

Teori pendidikan di bedakan menjadi 4 bagian yaitu :

  1. Pendidikan klasik

            pendidikan klasik adalah pendidikan yang dipandang sebagai konsep pendidikan tertua. Pendidikan ini bermula dari asumsi bahwa seluruh warisan budaya (pengetahuan, ide-ide atau nilai-nilai) telah ditemukan oleh pemikir terdahulu. Pendidikan hanya berfungsi memelihara atau meneruskan ke genenerasi berikutnya (Sukmadinata, 2009:7). Jadi guru tidak perlu susah-susah mencari ataupun mencipatakan pengetahuan, konsep atau nilai-nilai baru sebab semua sudah tersedia tinggal bagaimana menguasai dan mengajarkannya pada siswa. 
            Dalam teori pendidikan klasik lebih menekankan pada isi pendidikan daripada proses atau bagaimana mengajarkannya. Isi pendidikan tersebut diambil dari disiplin-disiplin ilmu yang telah ditemukan oleh para ahli terdahulu (Sukmadinata, 2009:8). 
            Dalam pendidikan klasik tugas guru dan pengembang kurikulum adalah memilih dan menyajikan materi sesuai dengan tingkat perkembangan perserta didik. Sebelum menyampaikannya pada peserta didik pendidik harus mempelajarinya dengan sungguh-sungguh karena tugas pendidik bukan hanya mengajarkan materi pengetahuan tetapi juga melatih keterampilan dan menanamkan nilai. 
 

 Berikut gambar konsepnya

                   
           
           
 
 

 

 

 

     Penjelasan dari gambar tersebut :

  • Materi : pengetahuan yang berguna bagi siswa terorganisasi secara logis dan jelas
  • Guru : Sebagai ahli dan model.
  • Siswa : Individu yang pasif.
  • Tujuan : menjadi individu yang ilmuan.
  1. Pendidikan Teknologi

Teknologi pendidikan merupakan suatu konsep pendidikan yang mempunyai persamaan dengan pendidikan klasik tentang peranan pendidikan dalam menyampaikan informasi. Namun keduanya ini memiliki perbedaan, yakni dalam teknologi pendidikan lebih mengutamakan pada pembentukan dan penguasaan kompetensi atau kemampuan-kemampuan praktis, bukan pengawetan dan pemeliharaan budaya lama.

Selain itu, dalam konsep pendidikan teknologi, isi pendidikan berupa objek dan keterampilan yang mengarah pada kemampuan vokasional. Isi disusun dalam bentuk desain pengajaran dan disampaikan dengan menggunakan media elektronik, dan para peserta didik belajar secara individual. Sehingga pendidik berfungsi sebagai direktur belajar, lebih banyak pada tugas-tugas pengelolaan daripada penyampaian dan pendalaman bahan. Teknologi pendidikan menjadi sumber berkembangnya model kurikulum yakni model kurikulum yang bertujuan memberikan penguasaan kompetensi bagi peserta didik, sehingga pembelajarannya menggunakan media pembelajaran individual, media buku maupun media elektronik.  

 

 

 

 

Berikut gambar konsep teori pendidikan teknologi

 

                   
           
           
 
 

 

 

 

                   Penjelasannya           :

  • Materi : competencies.
  • Guru : Expert ( cepat menguasai dunia kerja )
  • Siswa : active person ( aktif dalam pembelajaran )
  1. Pendidikan Personal

Teori pendidikan ini bertolak dari asumsi bahwa sejak lahir anak telah memiliki potensi-potensi tertentu. Pendidikan harus dapat mengembangkan bakat-bakat atau potensi yang dimiliki setiap anak dengan bertolak dari kebutuhan dan minat peserta didik. Sehingga peserta didik menjadi pelaku utama dalam pendidikan, sedangkan pendidik menempati posisi kedua yakni berperan sebagai pembimbing, pendorong, fasilitator, dan pelayanan peserta didik

            Teori personal, menjadi dasar berkembangnya model kurikulum humanis, yaitu kurikulum yang bertujuan memperluas kesadaran diri dan mengurangi kerenggangan dan keterasingan dari lingkungan dan proses aktualisasi diri. Kurikulum humanis ini merupakan reaksi atas pendidikan yang lebih menekankan pada aspek intelektual.

 

Berikut gambar konsep teori pendidikan personal :

 

                   
           
           
 
 

 

 

 

                Penjelasannya :

  • Materi : student’s experience.
  • Guru : facilitator
  • Siswa : whole person.

 

  1. Pendidikan Interaksional

            Pendidikan interaksional yaitu suatu konsep pendidikan yang bertitik tolak dari pemikiran manusia sebagai makhluk sosial yang senantiasa berinteraksi dan bekerjasama. Dalam pendidikan interaksional menekankan interaksi dua pihak yakni dari pendidik pada peserta didik dan dari peserta didik pada pendidik. Selain itu interaksi juga terjadi pada peserta didik dengan materi pembelajaran dan dengan lingkungan, antara pemikiran manusia dengan lingkungannya. Dalam pendidikan interaksional, belajar bukan sekadar mempelari fakta-fakta, tetapi peserta didik juga mengadakan ekperimental dari fakta-fakta tersebut, memberikan interpretasi yang bersifat menyeluruh dan memahaminya dalam konteks kehidupan. Pendidikan interaksional ini mendorong timbulnya kurikulum rekontruksi sosial yakni model kurikulum yang bertujuan menghadapkan para siswa pada tantangan, ancaman, hambatan yang dihadapi manusia. Sehingga siswa didorong untuk mempunyai pengetahuan yang cukup tentang masalah sosial yang mendesak dan bekerja sama untuk memecahkannya.

 

Berikut gambar konsep teori pendidikan interksional

 

                   
           
           
 
 

 

 

 

              Penjelasannya           :

  • Materi : particular problem of our comtemporary socio cultural world.
  • Guru : facilitator.
  • Siswa : student learn in his dialogic relationship with others, learning is an independent effort.

 

Daftar pustaka

#catatanpribadi-teoripendidikan

http://baranusapendidikan.blogspot.co.id/2013/09/teori-pendidikan.html

http://sinautp.weebly.com/teori-pendidikan.html

No Comments

  1. Howardbet
    Apr 16, 2019 @ 18:06:13

    Reply

  2. Howardbet
    Apr 16, 2019 @ 18:30:41

    Reply

  3. Howardbet
    Apr 16, 2019 @ 20:44:27

    Reply

  4. Howardbet
    Apr 17, 2019 @ 01:46:02

    Reply

  5. Howardbet
    Apr 17, 2019 @ 03:01:04

    Reply

  6. Quentinneony
    Apr 17, 2019 @ 04:35:26

    Reply

  7. Quentinneony
    Apr 17, 2019 @ 06:57:44

    Reply

  8. Quentinneony
    Apr 17, 2019 @ 09:26:54

    Your comment is awaiting moderation.

    Many thanks. I enjoy this.
    https://nicktambone.com/
    canada pharmacies online canadian drugs canadian prescription drugs canada pharmacy
    canadian drugs
    online canadian pharcharmy
    drug prices comparison
    canadian drugstore reviews
    cialis online
    canadian drug store

    Reply

  9. Quentinneony
    Apr 17, 2019 @ 12:19:45

    Reply

  10. Quentinneony
    Apr 17, 2019 @ 13:40:08

    Reply

  11. Quentinneony
    Apr 17, 2019 @ 15:20:25

    Reply

  12. Quentinneony
    Apr 17, 2019 @ 17:28:34

    Reply

  13. Quentinneony
    Apr 17, 2019 @ 17:49:31

    Reply

  14. Quentinneony
    Apr 17, 2019 @ 23:04:09

    Reply

  15. Quentinneony
    Apr 18, 2019 @ 02:07:40

    Your comment is awaiting moderation.

    This is nicely expressed! .
    http://canadianpharmacymim.com/
    canada pharmacy canadian pharmacies that ship to us canadian online pharmacies prescription drugs northwest pharmacy
    walgreens pharmacy
    drugs online
    rx online
    24 hour pharmacy
    canadian pharmacy reviews
    prescription cost comparison

    Reply

Leave a Reply

*

90 − = 82